Seksi Pengembangan Aplikasi

Home - Seksi Pengembangan Aplikasi

TUPOKSI

  1. Seksi Pengembangan Aplikasi mempunyai tugas penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur dan kriteria, dan pemberian bimbingan teknis dan supervisi, serta pemantauan, evaluasi, dan pelaporan terkait fungsi Layanan Pengembangan dan Pengelolaan Aplikasi Generik, Spesifik, dan Suplemen yang terintegrasi; Layanan Manajemen Data Informasi e-Government, serta fungsi Integrasi Layanan Publik dan Kepemerintahan;
  2. Rincian tugas Seksi Pengembangan Aplikasi adalah sebagai berikut:
  • Menyelenggarakan layanan pengembangan aplikasi pemerintahan dan pelayanan publik yang terintegrasi;
  • Menyelenggarakan layanan pemeliharaan aplikasi kepemerintahan dan publik;
  • Menyelenggarakan layanan penetapan standar format data dan informasi, validata dan kebijakan;
  • Menyelenggarakan layanan recovery data dan informasi;
  • Menyelenggarakan layanan pengelolaan data elektronik pemerintahan dan non pemerintahan;
  • Menyelenggarakan layanan peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia dalam pemanfaatan Sistem Informasi Pemerintahan dan Sistem Informasi Publik;
  • Menyelenggarakan layanan interoperabilitas;
  • Menyelenggarakan layanan interkonektivitas layanan publik dan kepemerintahan;
  • Menyelenggarakan layanan Pusat Application Programm Interface (API) daerah;
  • Menyusun program kerja dan kegiatan bidang pengembangan aplikasi;
  • Melaksanakan koordinasi dan perencanaan pengolahan data statistik dan informasi pada pusat data terintegrasi;
  • Mengkompilasi hasil pengumpulan dan menganalisa data/informasi pemetaan pengembangan aplikasi;
  • Melaksanakan pengolahan data tingkat lanjut hasil rekapitulasi data awal yang diperoleh saat survey;
  • Menyusun petunjuk teknis lingkup pemetaan pengembangan aplikasi;
  • Melaksanakan pemetaan terhadap hasil survey bidang sosial, ekonomi,  politik, hukum dan HAM;
  • Melaksanakan pengawasan dan pengendalian penyelenggaraan pemetaan pengembangan aplikasi;
  • Melaksanakan evaluasi dan pelaporan hasil pengawasan dan pengendalian pelaksanaan pemetaan pengembangan aplikasi;
  • Melaksanakan koordinasi dengan seksi pengelolaan data dan integrasi sistim informasi;
  • Mengevaluasi program kerja/tugas yang telah dilaksanakan serta membuat laporan sebagai bahan pertanggungjawaban dan masukan kepada atasan;
  • Membagikan tugas kegiatan kepada bawahan dan memberikan arahan baik secara tertulis maupun secara lisan sesuai dengan permasalahan dan tugas bidang masing-masing agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  • Memberi petunjuk kepada bawahan agar dalam melaksanakan tugas sesuai dengan petunjuk dan  ketentuan Peraturan Perundang-undangan sehingga tercapai efektifitas pelaksanaan kerja;
  • Menilai hasil kerja bawahan berdasarkan hasil kerja yang telah dicapai untuk dipergunakan sebagai bahan dalam peningkatan karier dan penilaian SKP (Sasaran Kinerja Pegawai Negeri Sipil)
  • Melaksanakan tugas kedinasan lain sesuai perintah atasan untuk kelancaran pelasanaan tugas