Bupati Lampung Tengah Buka Launching PMT AS

Home - Berita

Bupati Lampung Tengah Buka Launching PMT AS

Anak Tuha, Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto didampingi Bunda Paud Lampung Tengah Hj. Ellya Lusiana Loekman dan kepala OPD pendamping Kadis ketahanan pangan Jumali serta unsur forkopimda lainnya menghadiri acara Launching Hari Pemberian Makanan Tambahan anak sekolah (PMT AS) PAUD Kabupaten Lampung Tengah di pelataran PAUD Bhakti Pertiwi Anak Tuha, (23/10/2019). Kadis ketahanan pangan Jumali dalam laporannya mengatakan bahwa dalam launching PMT AS ini terdapat 10 Paud dari 8 kecamtan se Lampung Tengah dengan jumlah total 567 anak. Jumali mengatakan pemberian PMT AS ini akan diadakan dengan durasi dua kali selama satu Minggu dalam satu bulan. 

Masih diterangkan Kadis Ketahanan Pangan Lampung Tengah Jumali bahwa kegiatan ini merupakan hasil inovasi dan diskusi dengan bunda PAUD terkait pemberian makanan tambahan untuk anak. "Selama ini biasanya anak-anak cenderung membeli makanan siap saji yang tidak sehat, namun dengan inovasi ini akan mampu mengintegrasikan antara ketrampilan yang dimiliki KWT dan memanfaatkan sumber daya lokal diwilayah masing masing," ujar Jumali. Terakhir Jumali mengatakan bahwa KWT yang menjadi tim penyedia PMT AS juga harus memberikan komposisi sesuai yang  bergizi, seimbang, bersih dan sehat. 

Sementara itu Bupati Lampung Tengah Loekman Djoyosoemarto dalam sambutannya mengatakan bahwa ini merupakan kegiatan PMT AS merupakan program peningkatan kebutuhan gizi anak. Bupati mengatakan bahwa tujuan dari PMT AS adalah untuk menekan angka kurang gizi anak sekolah karena anak yang kuat dan sehat adalah penentu masa depan bangsa. Loekman mengatakan bahwa dengan PMT AS ini akan mencukupi kebutuhan gizi anak. Hal ini juga menjadi upaya perbaikan sumber daya manusia. "Masalah kurang gizi menimbulkan dampak negatif yaitu kurang produktifitas dan kesulitan belajar oleh karena itu dengan kegiatan PMT AS juga akan mampu meningkatkan ketahanan fisik anak melalui pertahanan gizi anak untuk meningkatkan prestasi," ujar Bupati.

Terakhir Bupati mengatakan bahwa upaya ini  sejalan upaya dinas ketahanan pangan untuk meningkatkan kewaspadaan ketahanan pangan. Loekman berharap kegiatan ini bertahan terus dilaksanakan sehingga mengurangi dan menghilangkan kasus gizi buruk di Lampung Tengah. "KWT sebagai penyedia makanan tambahan dipesan dalam menyediakan makanan tambahan betul betul memperhatikan persyaratan kesehatan dan dikemas menarik sehingga anak tidak bosan," tegas Bupati. Usai melaunching PMT AS Bupati memberikan secara simbolis makanan sehat kepada anak - anak dan dilanjutkan dengan demo memasak makanan sehat bersama dengan Bunda PAUD Lampung Tengah Hj Ellya Lusiana Loekman. 
Kehadiran Bupati Loekman mendapat sambutan meriah baik dari orang tua maupun anak-anak yang hadir. Semua gembira dengan kedatangan Loekman Djoyosoemarto. (Diskominfo Lampung Tengah)

Share: Whatsapp, Facebook, Twitter Tags: Bid. Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik