Diseminasi Publikasi Data Informasi dan Analisa Industri Kabupaten/Kota Melalui SIINAS Kabupaten Lamteng

Home - Berita

Diseminasi Publikasi Data Informasi dan Analisa Industri Kabupaten/Kota Melalui SIINAS Kabupaten Lamteng

Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Lampung Tengah (Lamteng) Drs. Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Pjs. Bupati Lamteng, menghadiri dan membuka secara resmi kegiatan Diseminasi Publikasi Data Informasi dan Analisa Industri Kabupaten/Kota Melalui Sistem Informasi Industri Nasional (SIINAS) Kabupaten Lamteng. Bertempat di Hotel BBC Bandar Jaya. Selasa (22/10/2024). Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia DR. Candra Puasati, S.Pd., M.Pd., Kepala Dinas Perindustrian Lamteng Drs. Thoherhan, M.Si., Kepala Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan Lamteng Drs. Genta Surimuda dan Narasumber dari Dinas Perindustrian Provinsi Lampung.

Sekdakab Lamteng, Drs. Kusuma Riyadi saat membacakan sambutan tertulis Pjs. Bupati Lamteng mengatakan dalam rangka menerapkan kebijakan pengembangan industri yang baik dan sebagai dasar pembangunan industri nasional, maka diperlukan dukungan data dan informasi industri yang akurat, lengkap dan terkini. Oleh karena itu kementerian perindustrian telah membangun suatu SIINAS berdasarkan undang-undang nomor 3 tahun 2014 dimana dalam peraturan tersebut menyatakan bahwa setiap perusahaan industri wajib menyampaikan data industri yang akurat, lengkap dan tepat waktu secara berkala kepada menteri perindustrian, gubernur dan bupati/walikota (pasal 64 ayat 1). Kemudian, Kusuma Riyadi juga mengatakan laporan data industri dimaksud disampaikan melalui aplikasi SIINAS, demikian juga bagi pemerintah daerah dalam hal ini gubernur, bupati/walikota harus menyampaikan laporan hasil. Oleh karena itu setiap perusahaan diharuskan mampu menggunakan aplikasi siinas dengan memiliki akun siinas yang dapat dilakukan secara daring.

  

Lebih lanjut, Kusuma Riyadi berharap agar kegiatan ini dapat memberikan manfaat besar untuk menunjang industri kecil dan menengah dan menjadikan perindustrian yang ada di kota tomohon akan semakin berkembang, maju dan memberi dampak luas pada perekonomian daerah. Melalui pemutahiran data industri kecil yang ada di Kabupaten Lamteng, nantinya akan dipaparkan dalam bentuk profil industri Kabupaten Lamteng, dan dengan penyediaan informasi data industri akan menjadi bahan pertimbangan untuk pengambilan kebijakan dari Pemerintah Kabupaten Lamteng. 

Selanjutnya saya ucapkan terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana kegiatan ini dan kepada seluruh peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya sehingga akan memberikan manfaat besar dalam meningkatkan kegiatan usaha industri dan perdagangan yang ada di Kabupaten Lamteng. Saya juga menghimbau kepada seluruh pelaku usaha industri di Kabupaten Lamteng agar mendaftarkan perusahaannya ke aplikasi SIINAS dan selalu melaporkan perkembangan industrinya secara berkala.

Share: Whatsapp, Facebook, Twitter Tags: Bid. Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik