Rapat Pleno Tahap 1 Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024

Home - Berita

Rapat Pleno Tahap 1 Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024

Pj. Sekdakab Lampung Tengah, Drs.Kusuma Riyadi, M.M. mewakili Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, S.Sos., M.M. menghadiri Rapat Pleno tahap 1 Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) tahun 2024 yang berlangsung di ruang rapat lantai 5 Hotel Radisson Bandar Lampung, 09/03/2024. Rapat dipimpin langsung Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., didampingi Wakil Rektor Bidang PKTIK Dr. Ayi Ahadiat, S.E., M.B.A., dan Ketua LP3M Unila Prof. Abdurrahman, M.Si., di hadapan Ketua Senat Unila, Sekretaris SPI, jajaran dekan dan wakil dekan bidang akademik dan Kerjasama di lingkungan kampus Unila.

      

Dalam rapat ini, Dr. Eng Suripto menguraikan bahwa terdapat peningkatan pendaftar yang signifikan pada beberapa jurusan dan prodi yang dilakukan sosialisasi dan promosi secara intensif. Ia mengucapkan terima kasih kepada tim dari fakultas yang telah ikut serta pada sosialisasi sesuai jadwal yang telah disepakati Bersama tim PMB Unila. Diketahui bahwa sosialisasi mengenai daya tampung, strategi masuk pada jurusan dan prodi Universitas Lampung di seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Lampung berdampak yang baik. Bahwa kegiatan tersebut ikut meliputi beberapa wilayah di luar Provinsi Lampung antara lain Provinsi Sumatra Selatan dan Provinsi Banten. Ia mengakui sebagai contoh pada tahun lalu peminat pada jalur SNBP agak rendah pada beberapa jurusan di Fakultas Pertanian, namun setelah dilakukan sosialisasi, ternyata terdapat peningkatan jumlah peminat pada beberapa jurusan di fakultas tersebut.

Senada dengan hal itu, Kepala Pusat Assessment PMB Ing. Hery Dian Septama, S.T. mengungkapkan sebanyak 2000 lebih peserta yang terdiri dari kepala sekolah, guru dan perwakilan siswa dari seluruh kabupaten/kota di Provinsi Lampung turut hadir mendengarkan secara langsung sosialisasi penerimaan mahasiswa baru baik jalur SNBP, SNBT maupun Mandiri. Secara singkat Hery Dian menguraikan bahwa kuota pada ketiga jalur penerimaan mahasiswa baru di Universitas Lampung yaitu kuota minimum 20% untuk SNBP, kuota minimum 40% untuk SNBT dan kuota maksimum 30% untuk jalur Mandiri, sehingga total daya tampung Unila secara keseluruhan berjumlah pada tahun 2024 berjumlah 9815. “Dari 9815 ini, terdiri dari 79 program studi jenjang sarjana dan diploma yang ada diseluruh fakuktas termasuk yang ada di PSDKU, penerima ini juga sudah disesuaikan dengan ketentuan dari pusat”, terangnya.

Ia juga menambahkan bahwa Unila telah menarik data hasil pendaftaran jalur SNBP tahun 2024 yang sehingga diketahui jurusan dan prodi mana saja yang memiliki jumlah peminat tertinggi hingga terendah, baik dari soshum maupun saintek. “Unila hanya tinggal menunggu keputusan dari pusat untuk melakukan pengumuman yang dijadwalkan pada 26 Maret 2024 mendatang”, ujarnya. Menanggapi hal itu, Sekdakab Lampung Tengah, Drs. Kusuma Riyadi, M.M. menuturkan bahwa Kabupaten Lampung Tengah telah menyiapkan sarana dan prasarana Kampus PSDKU yang ada di Kabupaten Lampung Tengah menyusul persiapan perkuliahan yang akan diselenggarakan pada tahun ajaran baru 2024-2025.

Share: Whatsapp, Facebook, Twitter Tags: Bid. Penyelenggaraan Pemerintahan Berbasis Elektronik